Tuesday, March 27, 2012

Goes to Seminar 2 - AnalysisDone-Oriented

Jangan pernah menyepelekan kata2 analisis. Ini yang sering menjadi batu sandungan ketika kita akan melanjutkan ke tahap berikutnya. Perancangan yang baik adalah yang sesuai dengan hasil analisis yang telah dilakukan, lantas bagaimana cara melakukan analisis yang baik dan benar?

Haha, gaya banget ya pernyataan di atas... :P
Berasa pakar gimana,,,gitu...
Engga ko, tenang aja, kami mau cari aman. Tiap kata di postingan ini hanya berdasarkan pengalaman saja alias ga ada referensi shahih. Tapi walau begitu, InsyaAllah akan bermanfaat ko terutama buat anak2 JTK POLBAN yang akan melaksanakan Tugas Akhir nya. Dont be too long! Check it out yo...

Setahu kami, komponen penting yang perlu ada dalam Bab Analisis adalah:

  • Analisis terhadap sistem serupa / yang sudah pernah adaKalo udah pernah ada, kenapa perlu kita buat lagi? Buat apa dianalisis? Namanya juga manusia yang buat, semahir apapun, pasti ada aja kekurangannya, dan mungkin aja kita adalah salah satu yang tahu dan paham akan kekurangan tersebut dan mampu untuk memperbaikinya. Dan lagi, menurut salah satu pembimbing kami, Pak Jonner, "Ya, usahakan kalian tidak membuat aplikasi dari awal/yang sifatnya inovasi total." Tahu kenapa? Bukannya tidak boleh, ya, kalo waktunya memang memungkinkan, silakan saja. Karena menurut Dosen Senior kami, Pak Ridwan, "Ga usah bikin yang aneh2 lah. Saya yakin, kalian itu mampu, tapi waktunya kan cuma sebentar." Jadi inti yang saya tangkap adalah tak perlu 100% mengikuti idealisme dulu, perhatikan kemampuan dan waktu yang tersedia. Kalaupun kita mampu, perhatikan apakah teman2 kelompok kita juga mampu? *Ko jadi kesini ya? Tapi ketangkep kan ya, maksudnya gimana...

    Balik lagi deh, jadi yang disorot dari sistem yang sudah ada itu adalah bagaimana perilakunya (misal digambarkan dalam Use Case Diagram atau dideskripsikan via Use Case Skenario). Lalu buat evaluasinya, sehingga terlihat dimana peran sistem yang akan kita buat kelak.
    Jika terdapat aplikasi serupa lebih dari satu, lakukan perbandingan terhadap aplikasi2 tersebut. Tentukan parameter2 apa yang kira2 mampu menunjukkan perbedaan antara aplikasi2 tersebut. Misal parameter yang kami buat adalah sebagai berikut.




  • Analisis hal-hal yang berkaitan dengan aplikasi. Misal, karena tugas akhir kami berhubungan dengan sistem temu balik informasi (*pencarian) ayat Alquran, maka kami perlu menganalisis bagaimana input yang sesuai, bagaimana proses preprocessing dan stemming dilakukan, dan lain2.
  • Analisis requirement. Ini adalah bagian krusial dalam analisis karena akan menjembatani kita ke proses perancangan. Maksud analisis requirement adalah berdasarkan analisis yang telah kita lakukan di atas (terutama dari hasil analisis sistem yang telah ada/telah berjalan), bagaimana requirement 'ideal' yang perlu kita perhatikan dalam perancangan sistem kita kelak. Perlu diperhatikan, bahwa karena 'ideal' itulah, kemungkinan pada akhirnya kita tidak mengimplementasi seluruhnya adalah mungkin saja. Namun ke-ideal-an tersebut harus tetap dituliskan dalam rangka memberitahu pembaca bahwa kita memahami domain yang sedang kita garap.
    Pada bagian ini, kita akan bergelut dengan komponen SRS yaitu Use Case diagram juga skenario (ayo, perhatikan jelas2 saat dosen APPL sedang mengajar), juga tidak lupa menyertakan DEFINISI AKTOR sistem yang akan kita buat. Misal dalam sistem kami, Pengguna -> Aktor yang menggunakan aplikasi untuk mencari terjemahan ayat Alquran berdasarkan kata kunci yang di-inputkan, menelusuri ayat-ayat Alquran, memilih ayat sebagai ayat favorit.
    Selain itu juga perlu dibuat Requirement Fungsional dan Non-Fungsional, yang singkatnya, Fungsional itu berhubungan dengan analisis yang sudah kita buat dan metoda yang akan kita gunakan, sedangkan Non-Fungsional merupakan kebutuhan pendukung untuk melengkapi fungsi yang ada pada sistem.
  • Bussiness Rules. Apaan tuh??? Maksudnya adalah aturan2 yang harus dipenuhi untuk dapat menjalankan proses yang berkaitan dengan sistem kita. Misal, "Sistem harus memberikan rekomendasi ayat berdasarkan 5 rating tertinggi" dan harus disertakan itu berkaitan dengan requirement yang mana.
Cukup sekian ya, sedikit arahan dalam membuat Bab Analisis. Ingat, konten bab ini akan sangat menentukan apakah kita memahami domain TA kita atau tidak. Maka persiapkan otak untuk menggali lebih dalam sebenarnya bagaimana sistem yang akan kita buat? Selamat menganalisis...

No comments:

Post a Comment